About

Sabtu, 23 November 2013

Menerapkan Prinsip‐prinsip Seni Grafis dalam Desain Komunikasi Visual untuk Multimedia


Sekilas Mengenai Teori Tipografi
Tipografi atau bahasa Inggris Typography (berasal dari kata bahasa
Greek typos = bentuk dan graphein = menulis) merupakan teknik dan seni mengatur huruf menggunakan gabungan bentuk huruf cetak, saiz font, ketebalan garis, garis pandu (line leading), jarak aksara, dan ruang huruf untuk menghasilkan seni aturan huruf dalam bentuk fizikal atau digital. Matlamat utama tipograpi adalah mengatur teks (isi) dalam bentuk yang mudah dibaca dan menarik di pandang.

Tipografi dihasilkan melalui pengatur huruf, jurutipografi, artis grafik, pengarah seni dan pekerja perkeranian.Ia pernah merupakan pekerjaan khusus, tetapi penggunaan komputer telah membuka ruang bagi  pengguna biasa dan pereka visual generasi baru.

Tipografi merupakan representasi visual dari sebuah bentuk komunikasi verba dan merupakan properti visual  yang pokok dan efektif.Hadirnya tipografi dalam sebuah media terpan visual merupakan faktor yang membedakan antara desain grafis dan media ekspresi visual lain seperti lukisan.Lewat kandungan nilai fungsional dan nilai estetiknya, huruf memiliki potensi untuk menterjemahkan atmosfir-atmosfir yang tersirat dalam sebuah komunikasi verba l yang dituangkan melalui abstraktis bentuk-bentuk visual.

pada dasarnya huruf memiliki enrgi yang dapat mengakifkan gerak mata.Energi ini dapat dimanfaatkan secara positif apabila dalam penggunaannya senantiasa diperhatikan kaidah‐kaidah estetika, kenyamanan keterbacaannya, sertainteraksi huruf terhadap ruang dan elemen‐elemen visual di sekitarnya.

Perjalanan desain dan gaya huruf latin mulai diterapkan pada awal masa kejayaan ROMAWI. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, erta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani. Pada awalnya alfabet Latin hanya terdiri dari 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudian huruf Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada abad pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26.
 47
Kemajuan teknologi selanjutnya terjadi pada tahun 1984 ketika Adobe Systems merilis PostScript Font dan di tahun 1991 Apple Computer dan Microsoft Corporations mengeluarkan TrueType Font. Postscript Font dan TrueType Font adalah huruf elektronik atau yang disebut font. Huruf digital sesungguhnya berupa bahasa komputer yang berfungsi menerjemahkan kode‐kode untuk menghasilkan tampilan bentuk huruf yang sempurna baik di layar monitor amupun pada saat pencetakan. Saat ini dapat ditemukan bergam jenis huruf digital yang digunakan dalam program komputer.
Anatomi Huruf
Setiap bentuk huruf dalam sebuah alfabet memiliki keunikan fisik yang menyebabkan mata kita dapat membedakan antara huruf ‘m’ dengan ‘p’ atau ‘C’ dengan ‘Q’. Keunikan ini disebabkan oleh cara mata kita melihat korelasi antara komponen visual yang satu dengan yang lain. Sekelompok pakar psikologi dari Jerman dan Austria pada tahun 1900 memformulasikan sebuah teori yang dikenal dengan teori Gestalt. Teori ini berbasis pada ‘pattern seeking’ dalam perilaku manusia. Setiap bagian dari sebuah gamabar dapat dianalsisi dan dievaluasi sebagai komponen yang berbeda. Salah satu hukum persepsi dan teori ini membuktikan bahwa untuk mengenal atau ‘membaca’ sebuah gambar diperluakan adanya kontras atara ruang positif yang disebut dengan figure dan ruang negatis.
Jenis – jenis Huruf
Berikut ini beberapa jenis huruf berdasarkan klasifikasi yang dilakukan oleh James Craig , antara lain sbb :
1.
Roman
Ciri dari huruf ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis‐garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.
2.
Egyptian
Adalah jenis huruf yang memiliki ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulakn adalah kokh, kuat, kekar dan stabil.
3.
Sans Serif
Pengertian San Serif adalah tanpa sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.
48

4.
Script
Huruf Scrippensil tajampribadi danpt menyerum dan biasan akrab. upai goresaanya miringn tangan yg ke kanan. yang dikerjaKesan yangakan dengag ditimbulkaan pena, kuannya adalauas atau ah sifast
5.
Miscellaneo
Huruf jenisDitambah hdekoratif dous s ini meruhiasan dan an ornamepakan penornamen, antal. ngembanganatau garis‐gn dari bengaris dekorantuk‐bentukatif. Kesan yk yang sudyang dimilikah ada. ki adalah
Dalam yang akminyak kuat dalembut pemilihan jkan ditonjowangi untuan keras dansehingga cojenis hurufolkan dan juuk wanita jan biasanya ocok dengaf, yang senauga karaktearang yang memperguan karakter antiasa harer segmen menggunaknakan jenisminyak wanrus diperhapasarnya. Skan jenis hus huruf Romngi dan wantikan adalaSeperti misauruf Egyptiaman yang benita. ah karakter alnya padaan karena bernuansa klaproduk produk berkesan asik dan
Adapunn pengklasiffikasian huruf yang lainn, antara lain sbb:
1.
Old style (GGaramond,
2.
3.
TransitionaModern (Boal (Baskervilodoni, 1788161) le, 1757) 8)
4.
Egyptian/Sllab Serif (Ceentury Expa
5.
6.
7.
Sans Serif (Display (CoScript
Helvetica, 1opperplate) 1957) anded, 1895 5)
8.
Monospaceed

9.
huruf dhuruf yditanda
sejarahperjalanberagamhuruf dimodif
biasanyditemumereprGaramoCorporahuruf H
tersebucetak. Useparas
dipakai awal uBlackletter Sering timbdigital yang yang telah ai dengan toUntuk lebi perkembanan sejarahm jenis benlama, sepfikasi dengaHuruf‐huruya dimodifii juga perroduksi dapond (‘A’ bation). SepeHelvetica dinPenamaan ut. PerbedaUntuk mensi film, jangaIlmu Grafissebagai puntuk mem bul pertanyhampir ataada. Hal ionggak sejah singkatnngan tipogh penciptantuk huruf, derti Bodonan teknologuf lama yaikasi dengarbedaan upat dilihat dberarti Aderti halnya namakan juini tergantan standarghindari haan lupa unts Tutorial Dengidentifikmpelajari tip yaan yang au bahkan ini sebaiknyrah kelahiraya, klasifikrafi yang dn dan pengdunia tipogni, Centurygi digital. ang direproan desain kuran x‐hedari kode yobe) atau perbedaanga Switzerlaung kepadadisasi ini dal tersebut, uk menyertDesain Komkasi klasifikpografi adadikaitkan dtidak memya diabaikaan huruf Heasi huruf ddiambil darigembanganrafi sekarany, ataupunoduksi kemyang berbeight. Untuyang tertulITC Centn desain, juand, Claro, a perusahaaapat menimsebaiknya takan jenis‐munikasi Viskasi font jualah mengdengan kebmiliki korelaan, menginelvetica paddibuat berd momentun bentuk hung masih ban Garamonmbali (reviveda. Selainuk mengenis di mukatury (‘ITC’ uga ditemukVega ataupan mana yambulkan mapada saat ‐jenis huruf sual Anatomuga untuk mgenali atau beradaan rasi dengan kngat klasifikda tahun 195dasarkan am‐momenturuf. Walauanyak mengnd yang dval type) on perbedaanali perusa nama jenberarti Ikan perbedpun Newtonang mereprasalah daladata di‐seryang digunmi Font Humembuat fmemahamagam jenis konvensi klkasi huruf 57 tas latar btum pentingupun saat gangkat jenidireproduksoleh type an desain, ahaan manis huruf, senternationadaan nama,n. roduksi huruam produksrahkan kepanakan. uruf pada Tfont baru. mi anatombentuk lasifikasi terakhir belakang g dalam ini lahir is huruf‐si serta foundry kadang na yang eperti A al Type , seperti uf‐huruf si desain ada biro Tipografi Langkah i huruf.
Gabungan seluruh komponen dari suatu huruf merupakan identifikasi visual yang dapat membedakan antar huruf yang satu dengan yang lain.
Apabila kita telah memahami anatomi huruf secara baik, dengan mudah kita dapat mengenal sifat dan karakteristik dari setiap jenis huruf. Berikut adalah terminologi yang umum digunakan dalam penamaan setiap komponen visual yang terstruktur dalam fisik huruf.
Setiap individu huruf, angka, dan tanda baca dalam tipografi disebut sebagai character. Seluruh character secara optis rata dengan baseline. Tinggi dari badan huruf kecil secara optis rata dengan x‐height. Setiap character apakah huruf besar atau kecil memiliki batang (stem) yang pada bagian ujung‐ujungnya dapat ditemukan beberapa garis akhir sebagai penutup yang disebut terminal. Pada dasarnya setiap huruf terdiri dari kombinasi berbagai guratan garis (strokes) yang terbagi menjadi dua, yaitu guratan garis dasar (basic stroke) dan guratan garis sekunder (secondary stroke).
Apabila ditinjau dari sudut geometri, maka garis dasar yang mendominasi struktur huruf dalam alfabet dapat dibagi menjadi 4 kelompok besar, yaitu:
1.
Kelompok garis tegak‐datar; EFHIL
2.
Kelompok garis tegak‐miring; AKMNVZXYW
3.
Kelompok garis tegak‐lengkung; BDGJPRU
4.
Kelompok garis lengkung; COQS
Huruf memiliki dua ruang dasar bila ditinjau dalam hukum persepsi dari teori Gestalt, yaitu figure dan ground. Apabila kita menelaah keberadaan ruang negatif dari seluruh huruf maka secara garis besar dapat dipecah menjadi tiga kelompok, yaitu:
1.
Ruang negatif bersudut lengkung; BCDGOPQRSU
2.
Ruang negatif bersudut persegi‐empat, EFHILT
3.
Ruang negatif bersudut persegi‐tiga, AKMNVWXYZ
Perhitungan tinggi fisik huruf memiliki azas optikal‐matematis, dalam pengertian bahwa dalam perhitungan angka, beberapa huruf dalam alfabet memiliki tinggi yang berbeda‐beda, namun secara optis keseluruhan huruf tersebut terlihat sama tinggi. Huruf yang memiliki bentuk lengkung dan segitiga lancip pada bagian teratas atau terbawah dari badan huruf akan memiliki bidang lebih dibandingkan dengan huruf yang memiliki bentuk datar. Apabila beberapa huruf tersebut dicetak secara berdampingan akan tercapai kesamaan tinggi secara optis.
52
Dalam kkaitannya a
Arm
Stroke
Shouldeernatomi font maka ada beberapa iSt istilah didalamnya, yaittu : temCounter
Apex
Spine
Bowl
Ear
Eye
Galliard
Serrifd
Bracket
Crossba
Tailtar
Loop
Link
Leg
Foot
Ascend
Cap heierght
Capline
Meanlin
X‐Heigheneht
Baseline
Descen

Pengguaan jenis huruf (typeface) dan huruf font sering berkaitan, bagaimanapun, jenis huruf adalah perancangan karakter yang dipersatukan oleh sebuah kesamaan properti secara visual, sementara itu font adalah satu perangkat lengkap karakter dari tiap pembuatan desain seseorang, ukuran, bentuk, atau tipe corak.



0 komentar:

Posting Komentar